dana pendidikan untuk les privat
dana pendidikan untuk les privat

Selain pos dana pendidikan anak ternyata ada beberapa pos lainnya yang diperlukan untuk disiapkan agar anak. Apa saja yah mama papa ?

Yuk disimak penjelasan 4 pos dana selain dana pendidikan anak serta rincian strategi memenuhi nya..

Dana Membesarkan anak

Selain pos dana pendidikan anak, ada dana membesarkan anak. Yap betul, dana sehari-hari yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan anak. Agar anak bisa bertumbuh optimal, kebutuhannya, termasuk gizi, untuk menunjang perkembangan anak.

Studi menyebut bahwa dalam membesarkan anak, makanan menjadi pos keuangan paling besar. Disusul dengan rumah yang aman dan pendidikan. Sehingga penting bagi orangtua untuk mengatur anggaran, termasuk biaya kunjungan dokter, imunisasi, biaya syukuran, biaya perlengkapan ASI, dan biaya rutin untuk anak. Biasanya pos ini akan bertambah 10-20% sehingga orangtua harus memikirkan apakah penghasilannya cukup atau harus membuka keran sumber keuangan lainnya.

Baca Juga : 5 Alasan Memilih Les Privat Mengaji untuk Anak

Langkah yang Harus Mama-Papa Lakukan
Untuk menyiapkan sejumlah dana pendidikan mulai sekolah di usia dini, sekolah dasar, hingga kuliah, Cendikia memberikan tips berikut:

Dana ini, bisa mama papa barengin dengan dana kebutuhan rumah tangga bulanan. Jumlahnya bisa dihitung dari pengeluaran bulanan dan pertambahan akumulasinya. Ayah bunda perlu menghitung biaya rata-rata bulanan yang dihabiskan oleh anak bunda lalu dibuatkan anggarannya.

Dana Kesehatan anak

Pos dana yang tidak kalah penting lagi adalah pos dana kesehatan anak. Dalam perkembangan fisik maupun psikisnya terkadang anak mengalami sakit. Dan sakit ini biasanya terjadi secara tidak terduga.

Baca juga : Media pembelajaran yang cocok untuk anak

Langkah yang Harus Mama-Papa Lakukan
Untuk menyiapkan sejumlah dana pendidikan mulai sekolah di usia dini, sekolah dasar, hingga kuliah, Cendikia memberikan tip berikut:

Dana kesehatan anak, bisa dibackup dengan memberikan asuransi kepada anak. Sehingga, perhitungan pengeluaran mama papa tidak terlalu ribet. Selain dalam asuransi memberikan kemudahan, asuransi juga memberikan proteksi kepada dana-dana yang lainnya.

Karena biasanya sakit itu datang mendadak. Dan terkadang biaya yang dikeluarkan pun tidak bisa diperkirakan besarnya akan seberapa besar. Bahkan dalam kasus yang lebih jauh, tanpa adanya proteksi bisa membuat kacau pengaturan pos yang lainnya, sehingga bisa mengganggu penyiapan pos-pos lainnya

Apalagi di era sekarang, sudah banyak sekali, Asuransi kesehatan yang bisa mama papa manfaatkan untuk proteksi kesehatan anak, Baik dari pemerintah maupun yang swasta. Jika memilih asuransi, jangan lupa cek legalitas, produk, benefit, dan kemudahan klaimnya ya 🙂

Dana Pendidikan Anak

Menyiapkan dana pendidikan sendiri menjadi PR besar bagi orang tua. Pasalnya, biaya pendidikan semakin meningkat setiap tahunnya. Tidak sedikit orang tua yang harus jungkir balik bekerja agar dapat menabung demi menyiapkan dana pendidikan bagi anak-anaknya. 

Rentang masa pendidikan yang harus ditempuh anak sangatlah panjang. Untuk pendidikan dasar SD-SMA saja, kita harus membayarkan dana pendidikan selama dua belas tahun. Tentu saja, itu belum termasuk biaya untuk Taman Kanak-kanak (TK). Bahkan tidak sedikit orang tua masa kini yang sudah mulai menyekolahkan anaknya di preschool atau playgroup (PG). Lalu bagaimana dengan kuliahnya yang tentu saja membutuhkan dana pendidikan yang tidak kecil?

Selain dana untuk pendidikan formal, pendidikan non formal juga tidak kalah penting untuk perkembangan anak. Karena selain akademik, anak juga perlu untuk dikembangkan hoby dan keteampilannya lebih dalam selain di sekolah formal.

Pelajari kami : Layanan LBB Cendikia

Baca juga artikel kami : Nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah puasa untuk anak

Langkah yang Harus Mama-Papa Lakukan
Untuk menyiapkan sejumlah dana pendidikan mulai sekolah di usia dini, sekolah dasar, hingga kuliah, Cendikia memberikan tip berikut:

a. Memperkirakan biaya yang diperlukan. 

Mama papa perlu memperkiran biaya yang diperlukan untuk masuk dalam jenjang yang akan dilalui oleh putra-putri bunda

Setiap sekolah biasanya sudah menyediakan informasi tuition fee yang berisi uang pangkal, biaya pendaftaran, biaya kegiatan tahunan, dan juga SPPnya. Rajin-rajin cek ke sekolah yang diincar, ya.

a. Tentukan waktu yang tersedia

Jadi, kalau saat ini anak sedang duduk di kelas 3 SD, maka Mama-Papa perlu menyiapkan dana untuk uang pangkal masuk SMP di tiga tahun kemudian, masuk SMA di enam tahun kemudian, dan masuk ke perguruan tinggi tujuan Sembilan tahun kemudian

c. Jangan lupa hitung inflasi. 

Mike mengingatkan bahwa bila sudah mendapat perkiraan biaya masuk ke sekolah tujuan, maka jangan lupa memasukkan inflasi ke dalam perhitungan. “Kita perlu adaptasi dulu atau disesuaikan dengan inflasi, nih, ucapnya.

Mike menyebut bahwa bila asumsinya saat ini inflasi berada di angka 3-4%, maka ada kemungkinan bahwa inflasi biaya pendidikan ada di atas angka tersebut. “Anda perhitungan 5-10%-lah kenaikan biaya pendidikan.”

Contoh: Anak Mama-Papa saat ini berusia 1 tahun dan lima tahun lagi akan masuk SD di mana uang pangkal di SD tujuan Anda saat ini adalah sekitar 10 juta Rupiah, maka tambahkan jumlah tersebut dengan inflasinya.

Cara menghitung:
uang pangkal sekolah tujuan tahun ini + (rentang waktu x nilai inflasi tiap tahun) =
Rp10.000.000 + (5 x (10% x 10.000.000,-)) =
Rp10.000.000 + (5 x Rp 1.000.000,-) =
Rp10.000.000 + Rp 5.000.000,- = Rp15.000.000

d. Pilih metode pengumpulan dana yang tepat. 

Mama-Papa bisa memilih instrumen investasi yang berbeda untuk tiap jenjang pendidikan. Misalnya, jika saat anak ini anak berusia 5 tahun dan akan mendaftar SD dua tahun lagi, maka pilihan yang cocok untuk persiapan dana usia pendek seperti ini adalah produk dari bank seperti menabung. Sebab, risikonya paling kecil dan tidak terlalu fluktuatif.

Sementara, untuk jenjang pendidikan yang jangka waktunya masih panjang seperti daftar SMA atau kuliah, maka Mama dan Papa bisa investasi yang pertumbuhanya tinggi seperti produk investasi berbasis saham seperti reksadana saham maupun saham. Sebab, kenaikan inflasi akan berjalan terus.


e. Kemampuan setoran

Last but not least, turunkan semua perhitungan tersebut ke dalam setorannya, apakah Mama-Papa akan menyetorkan bulanan dari gaji atau apakah menginvestasikan sejumlah uang dalam nominal yang besar di awal. Pastikan juga neraca keuangan keluarga Anda tetap seimbang, ya.

Semangat ya, Ma, Pa!

Dana Entertaiment anak

Seperti orang dewasa, anak juga merupakan manusia. Yang dalam prosesnya juga memerlukan aktifitas yang beragam untuk bisa mengembangkan tidak hanya kemampuannya disekolah, melainkan banyak lagi metode yang bisa menyeimbangkan aktifitas anak

Anak juga perlu bermain dan berlibur. Bukan hanya sekedar agar anak tidak stress. Justru banyak penelitian yang menyebutkan anak yang bermain dan dekat dengan masyarakat dan alam justru memiliki perkembangan IQ, EQ dan SQ yang lebih baik

Jadi, mama papa juga perlu untuk menyiapkan dana entertainment untuk putra putrinya yaa..

Bonus juga bisa sambil buat liburan mama papa sendiri, hehe..

Baca juga : 7 list Beasiswa luar negeri, dibuka januari 2024

Langkah yang Harus Mama-Papa Lakukan
Untuk menyiapkan sejumlah dana pendidikan mulai sekolah di usia dini, sekolah dasar, hingga kuliah, Cendikia memberikan tip berikut:

Langkah pertama sesuaikan lokasi tujuan liburan dengan usia anak

Pada masa balita dan anak-anak mungkin penyesuaian tujuan liburannya tentu harus disesuaikan dengan usianya. BIasanya klo masi anak-anak sukanya di alam, berkaitan dengan bunga-bunga, tumbuhan, sayuran bahkan di kebun binatang

Pada masa remaja biasanya agak berbeda. Biasanya bisa diekplorasi sesuai dengan hobi dari anak ayah bunda, biasanya klo remaja ada yang hoby adrenalin, tapi jangan lupa ya dipilih yang aman ya bunda

Langkah kedua sesuaikan bugdetnya

Yang selanjutnya sesuaikan dengan budget. Contoh tujuan liburannya adalah kebun binatang. Sesuaikan dengan budget kebun binatang dalam kota, luar kota atau bahkan luar negri.

CONTACT US

Pelajari kami : LBB Cendikia

Instagram LBB Cendikia : Cendikia education

Whatsapp lbb cendikia :

biaya les calistung bimbel matematika sd bimbel matematika sma bimbel matematika smp guru les bahasa inggris guru les SD surabaya guru ngaji privat surabaya guru ngaji sidoarjo guru ngaji surabaya guru ngaji terdekat harga guru ngaji ke rumah kursus ngaji jakarta les bahasa inggris les bahasa inggris terdekat les matematika les matematika sd les matematika sma les matematika smp les matematika surabaya les mengaji les mengaji jakarta les mengaji malang les mengaji semarang les mengaji sidoarjo les mengaji solo Les Mengaji Surabaya les ngaji terdekat les online les privat les privat bahasa inggris les privat matematika les privat SD les privat SD surabaya les privat sidoarjo les privat sma les privat surabaya les sd les SD surabaya les sma surabaya rekomendasi sekolah rekomendasi sekolah terbaik rekomendasi smp terbaik smp terbaik 2024 smp terbaik terbaru tempat belajar mengaji untuk orang dewasa terdekat