Hai sobat cendikia, siapa di sini yang pernah mengalami kesulitan dalam membuat surat izin?. Kadang, Kita bingung hendak mulai dari mana, untuk bisa membuat surat. Nah, sebelum kita masuk Surat izin adalah surat yang dipergunakan untuk meminta izin kepada guru, ketika kita sedang tidak bisa masuk sekolah. Surat izin tidak masuk sekolah adalah surat pribadi bersifat resmi. Surat tersebut tentunya perlu dibuat dengan bahasa yang resmi dan sopan. Umumnya surat tersebut ditulis oleh orang tua atau wali murid apabila anak yang bersangkutan harus absen sekolah karena berbagai alasan. 

Maka, Di bawah ini terdapat petunjuk cara membuat surat izin tidak masuk sekolah lengkap dengan contohnya yang dapat dijadikan sebagai panduan.

  1. Surat izin tidak masuk sekolah karena sakit.

Malang, 23 Juli 2024

Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas 9C

SMP Tunas Bangsa

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama: Amelia Zahra Maharani

Kelas: 9C SMP Tunas Bangsa

Alamat: Jl. Hidup Bahagia No 12, Blimbing, Malang

Memberitahukan bahwa, anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar di sekolah seperti biasanya dikarenakan sakit. Oleh karena itu, saya selaku orang tua siswa memohon kepada Bapak/Ibu wali kelas untuk memberikan izin.

Demikian surat ini kami buat dengan kesadaran dan penuh rasa tanggung jawab. Terima kasih.

Hormat saya,

(Tanda tangan).

  1. Surat izin tidak masuk sekolah karena ada acara keluarga.

Malang, 16 Juni 2024

Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas 7A

SMP Pilar Biru.

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama: Ella Fitri Dania.

Kelas: 7A, SMP Pilar Biru.

Alamat: Jl. Siwalankerto tengah  No.27 , Malang Selatan.

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar di sekolah seperti biasanya dikarenakan harus ikut bersama kami menghadiri proses pemakaman sang nenek di Medan, Sumatera Utara.

Oleh karena itu, saya selaku orang tua siswa memohon kepada Bapak/Ibu wali kelas untuk memberikan izin.

Demikian surat ini kami buat dengan kesadaran dan penuh rasa tanggung jawab. Terima kasih.

Hormat saya,

(Tanda tangan)

  1. Surat izin tidak masuk sekolah karena ada kepentingan pribadi.

Semarang , 18 Juli 2024

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru 8C.

SMP Pemuda Bangsa.

Dengan hormat,

Dengan ini saya orang tua/wali murid dari:

Nama: Lisa Ayu Budiman

Kelas: 8-C

Alamat: Jalan Durian No.4 Semarang Selatan.

Memberitahukan bahwa siswa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan ada kepentingan membuat paspor untuk syarat turnamen badminton ke luar negeri dan tidak dapat ditinggalkan.

Oleh sebab itu, saya selaku orang tua dari siswa meminta kepada Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin.

Demikian surat izin ini saya buat, atas izin dari Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sandi Budiman.

Surat izin tidak masuk sekolah mencakup alasan atau keperluan yang mendasari ketakhadiran tersebut. Beberapa alasan umum untuk mengajukan surat izin tidak masuk sekolah termasuk sakit, kepentingan keluarga, kegiatan ekstrakurikuler, kondisi darurat, atau kunjungan wisata pendidikan.

Surat, pasti memiliki karakter yang khas dan syarat-syarat isi pesan, agar maksud dan tujuan surat izin kira bisa diterima. Syarat- syarat tersebut meliputi : 

  1. Tanggal surat.

pertama yang paling penting adalah mencantumkan tanggal pembuatan surat. Informasi ini harus mencakup kota, tanggal, dan tahun saat surat izin tersebut dibuat. Selain itu, pastikan untuk mengetahui posisi penulisan tanggal surat yang benar, yaitu di sebelah kanan atas.

  1. Yang dituju.

Surat izin sekolah ditujukan kepada pihak sekolah, jadi, penting untuk mencantumkan kepada siapa surat tersebut ditujukan. Caranya, bisa menuliskan nama wali kelas anak atau kepala sekolah di tempat anak belajar. Serta, pastikan untuk mencantumkan nama dan jabatannya dengan jelas.

cth : Kepada Bapak/Ibu wali kelas (menyebutkan nama guru bersangkutan)

Yth. Kepala Sekolah (menyebutkan nama kepala sekolah)

  1. Salam Pembuka/Salam Hormat.

Untuk memulai isi surat, perlu untuk menuliskan salam pembuka dengan bahasa yang sopan dan singkat. Salam pembuka dalam surat izin sekolah sangat penting karena berfungsi sebagai penghormatan dan menunjukkan kesopanan kepada penerima surat

  1. Isi Surat.

Isi surat merupakan bagian terpenting dalam pembuatan surat izin sekolah. Dalam bagian ini, orangtua harus menjelaskan alasan mengapa anak tidak dapat masuk sekolah pada waktu tersebut dengan detail dan jelas.

Pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan, formal, padat, dan jelas agar alasan tersebut dapat dipahami dengan baik oleh guru di sekolah. Dengan cara ini, guru akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan dapat memproses izin tersebut dengan tepat.

  1. Salam Penutup.

Menjelaskan alasan di bagian isi surat, tuliskan salam penutup dengan bahasa yang sopan untuk mengakhiri surat tersebut.

  1. Tanda Tangan Orangtua.

Terakhir, tandatangani surat dengan tanda tangan orangtua/wali murid sebagai tanda bahwa surat tersebut merupakan keputusan atau persetujuan dari orang tua atau wali siswa. Pastikan tanda tangan tersebut jelas dan mudah dikenali.

Selain itu, tuliskan nama lengkap orang tua/wali di bawah tanda tangan sebagai penulis dan pengirim surat izin sekolah. Dengan langkah-langkah ini, surat akan terlihat resmi dan sah, memastikan bahwa komunikasi antara orangtua dan pihak sekolah berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa Contohnya surat Izin tidak Masuk Sekolah yang sobat Cendikia bisa jadikan referensi, ketika ada keperluan sehingga berhalangan hadir untuk mengikuti kegiatan sekolah. Nah, jika sobat Cendikia ingin belajar materi Sekolah, Kami Lbb Cendikia mempunyai program les Privat dengan Harga yang terjangkau Dan fasilitas yang lengkap termasuk Tentor yang kompeten dan berpengalaman, Materi yang lengkap dan free Transportasi, informasi lengkap bisa klik disini atau hubungi: