LBB Cendikia – Tips membangun semangat belajar dalam situasi pandemi.

tips semangat belajar
Bimbingan belajar online Surabaya – LBB Cendikia

Masa pandemi covid 19 membuat banyak remaja yang sebelumnya sering melakukan kegiatan di luar rumah menjadi harus berada di rumah setiap waktu. Dengan alasan tersebut, banyak siswa yang merasakan bosan sehingga memilih untuk mager (males gerak) sambil bermain sosmed sebagai cara untuk menghilangkan kesuntukan. Alhasil, aktivitas tersebut malah membuat remaja mengalami penurunan semangat belajar. Dengan hanya mengandalkan sekolah daring yang minim pengawasan pihak sekolah membuat siswa menganggap enteng proses belajar. Padahal dalam kasus saat ini, nilai mata pelajaran di rapor menjadi sangat diperhitungkan sebagai syarat kenaikan kelas maupun kelulusan.

Oleh karena itu, kami ingin memberikan tips kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar agar bisa menjaga semangat mereka. Dengan menjalankan tips ini, siswa diharapkan bisa memulai untuk fokus dalam belajar.

5 tips menjaga semangat belajar selama pandemi Covid-19

Berikut adalah 5M yang bisa kalian lakukan untuk menjaga semangat belajar selama di rumah:

1. Membuat jadwal belajar dan menempelkan di meja belajar

Selama pandemi, banyak kegiatan yang hanya bisa kalian lakukan di rumah saja.  Mulai dari kegiatan membersihkan rumah, sekolah daring, hingga refreshing. Merasa bosan terkadang tidak bisa dihindari dengan rutinitas tersebut. Untuk itu, perlu sekali dalam membuat jadwal belajar yang tepat  agar kalian bisa membagi waktu belajar dan bermain dengan tepat. Ini  juga menghindari kebiasaan mager yang menyerang banyak remaja saat dirumah. Mulailah buat jadwal belajar yang sesuai dengan kapasitas dirimu. Tidak perlu berlebihan untuk belajar dalam waktu yang lama, namun malah menghilangkan kesempatan untuk beristirahat. Alhasil kalian malah mengalami kesuntukan hingga belajar semakin menurun. Buatlah jadwal belajar dan aktivitas-aktivitas lain yang menyenangkan dengan seimbang agar bisa menghindari rasa bosan selama di rumah. Prinsip jadwal adalah memudahkan, bukan semakin menyulitkan.

2. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Mendengarkan lagu favorit saat belajar? Boleh sekali. Itu adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar kalian tetap enjoy saat menjalani proses belajar di rumah. Tidak dipungkiri bahwa setiap hari selama 24/7 berada di rumah akan terasa sangat membosankan. Jika kita tidak bisa membuat suasana belajar jadi lebih menyenangkan, maka suntuk pasti mudah menghampiri. Untuk itu, kalian bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sesuai dengan tipe kalian. Bisa dengan menata ruang belajar menjadi lebih bersih dan rapi, sambil mendengarkan musik favorit ataupun mengajak teman belajar bersama. Ciptakan suasana belajar yang asik versi kalian!

Baca juga: Tips belajar Matematika yang menyenangkan

3. Melakukan belajar bersama bisa menumbuhkan semangat belajar juga loh…

Terkadang banyak yang merasa kalau belajar sendiri itu terasa membosankan daripada jika ada teman belajar. Apa kalian termasuk tipe tersebut? Jika iya, maka kalian sebaiknya memang melakukan belajar bersama dengan teman. Selain tidak merasa sendirian, kalian juga bisa melakukan diskusi untuk menemukan jawaban. Tidak hanya menguasai materi, ikatan pertemanan kalian juga akan terjalin lebih kuat. Dengan kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk bertemu dengan teman secara langsung, kalian bisa melakukan belajar bersama melalui aplikasi zoom meeting atau google meet. Tapi kalo kalian ingin ditemani belajar oleh pihak yang professional dalam bidangnya, kalian bisa menghubungi lbbcendika.com untuk mendapatkan guru privat yang menyenangkan dalam mengajar.

4. Menghindari bermain sosmed terlalu lama

Stalking instagram si crush, nonton FYP tiktok yang lagi viral, dan streaming MV idol KPOP kesukaan sangat-sangat menyenangkan, bukan? Eitss … tapi kalo itu dilakukan terlalu lama sampai berjam-jam bisa menurunkan produktivitas kalian loh. Alhasil aktivitas itu membuat semangat belajar kalian semakin menurun. Kalo cara ini dilakukan sebagai bentuk refreshing setelah belajar sih tidak ada masalah, asalkan durasi bermain sosmed harus juga di perhatikan. Upayakan sisakan waktu untuk bermain sosmed setelah melaksanakan sekolah daring dan belajar mandiri di rumah agar tidak ada gangguan selama proses belajar.

5. Menjaga kesehatan

Pandemi   covid 19 yang belum selesai di Indonesia, masyarakat di harapkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara stay at home dan menjalankan pola hidup sehat. Itu juga tidak terlepas dilakukan oleh para siswa yang menjalani sekolah daring. Mengkonsumsi makanan yang sehat serta menjaga prokes (protokol kesehatan) diharapkan bisa membuat badan tetap fit hingga bisa meningkatkan konsentrasi dalam belajar. Dengan badan yang sehat, maka belajar akan terasa lebih menyenangkan, bukan?

Baca juga: Les privat murah surabaya (online atau offline)

Itulah 5 tips yang bisa dijalankan dalam menjaga semangat belajar siswa selama berada di rumah. Dengan menerapkan cara tersebut, diharapkan siswa dapat menjalankan proses belajar dengan baik sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Referensi: https://stikesbanyuwangi.ac.id/tips-belajar-sehat-dirumah-selama-pandemi-covid-19/?_