kelebihan les privat mengaji

Mungkin masih ada yang mempertanyakan kelebihan les privat mengaji dibandingkan dengan mengaji secara berkelompok. Mungkin, ada juga yang masih bingung untuk memilih ikut ngaji secara berkelompok seperti jama’ah pengajian atau Taman Pendidikan Al qur’an (TPA) ataukah secara privat saja. Sebenarnya mau mengaji secara berkelompok ataupun secara privat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang terpenting adalah tujuan utama dari kegiatan mengaji itu tercapai yakni kemampuan untuk membaca Al Qur’an dengan baik dan benar serta bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan mengaji.  Untuk Anda yang tertarik mengikuti les privat mengaji, berikut ini 6 kelebihan mengikuti les mengaji yang bisa Anda dapatkan.

6 Kelebihan Les Privat Mengaji

Anda bisa menemukan banyak kelebihan les privat mengaji yang baik untuk pengembangan kemampuan belajar ngaji Anda dibandingkan dengan belajar mengaji secara berkelompok. Berikut ini adalah beberapa kelebihan les privat mengaji dibandingkan mengaji secara berkelompok, antara lain:

1. Lebih cepat dan lebih fokus dalam belajar

Memilih les privat bagi beberapa orang mungkin akan menjadi salah satu faktor keberhasilan belajar. Hal itu disebabkan karena salah satu karakteristik les privat adalah bisa menciptakan suasana yang fokus (mendukung  dalam proses belajar). Ada beberapa karakter orang yang tidak nyaman berada diantara banyak orang atau suasana yang ramai dengan alasan mudah terganggu kefokusannya.

Oleh karena itu, hadirnya les privat mengaji bisa menjadi pilihan untuk para orang tua yang ingin melanjutkan belajar mengaji ataupun anak-anak yang baru ingin memulai belajar. Anda bisa secara mudah mengatur suasana belajar yang nyaman sesuai dengan keinginan, dan tidak perlu lagi menunggu giliran mengaji seperti yang dilakukan saat mengaji berkelompok. Hanya ada guru les privat yang akan fokus memantau perkembangan proses belajar sehingga Anda akan lebih mudah fokus dan cepat dalam menangkap pembelajaran yang telah diberikan.

2. Tidak malu dalam meningkatkan kompetensi mengaji

Terkadang meskipun memiliki niat dan semangat belajar mengaji, banyak dari kita yang merasa malu untuk memulainya. Entah karena alasan sudah tidak lama mengaji sehingga harus memulai dari awal lagi atau merasa malu dengan teman sebaya sebab sudah tertinggal jauh tingkatannya.

Tidak perlu khawatir, ya. Les privat mengaji bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang telah mengalami hal tersebut. Tidak perlu takut lagi menjadi bahan perbandingan dengan teman, karena dalam les privat, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan kemampuan sendiri dan lebih khidmat dalam menjalankan perintah mengaji.

Mulai dari belajar iqra, tilawati, dan Alquran bisa menjadi pilihan Anda sebagai bahan untuk belajar.

3. Metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi

Banyak sekali kasus dalam belajar mengaji berkelompok yang bermasalah dalam metode pembelajaran. Contohnya seperti metode pembelajaran yang dipukul rata untuk semua muridnya. Padahal tidak semua murid memiliki kemampuan, gaya belajar dan basic pengetahuan yang sama. Metode belajar membaca Alquran tidak bisa digunakan secara merata bila ada beberapa murid (dari kelompok) yang masih dalam tahap pembelajaran iqra ataupun tilawati.

Oleh karena itu, les privat bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut karena menawarkan kemudahan dalam belajar sesuai dengan kondisi muridnya. Guru mengaji privat memiliki kemampuan untuk mengajar murid sesuai dengan karakter belajarnya sehingga murid bisa lebih fokus dan cepat dalam belajar dalam mengembangkan keterampilan mengajinya.

4. Biaya les privat lebih hemat

Selama pandemi, banyak sekali taman pendidikan Alquran (TPA) atau bimbingan mengaji ditutup sementara sebagai bentuk untuk menghindari tingkat kerumunan dalam penyebaran virus corona di Indonesia. Banyak masayarakat yang beralih mengaji menggunakan layanan mengaji online atau les privat karena menemukan banyak kelebihan dan kemudahan. Salah satunya adalah karena tidak harus keluar rumah untuk belajar mengaji. Selain meminimalkan terjadinya penyebaran virus, tenaga Anda tidak akan terkuras banyak untuk aktivitas berpergian.

Untuk masalah biaya, harga les privat tidak jauh berbeda dengan harga mengaji kelompok di TPA ataupun majelis lainnya. Selain itu, kemudahan belajar mengaji lebih banyak di dapatkan jika menggunakan les privat karena lebih mudah fokus.

5. Guru privat profesional dan berpengalaman

Terkadang beberapa orang tua merasa khawatir dirinya ataupun anaknya tidak bisa mendapatkan bimbingan belajar mengaji dengan pihak yang professional ketika masa pandemi dan hanya bisa dirumah saja. Apalagi jika orang tua tidak memiliki waktu di rumah untuk mengajari sang buah hati, atau tidak merasa percaya diri dengan kemampuannya untuk mengajar anak di rumah secara mandiri.

Tapi jangan khawatir lagi ya. Sekarang sudah banyak ditemukan bimbingan mengaji online yang bisa menjadi solusi masalah saat ini. Salah satunya adalah les privat mengaji dari LBB Cendikia. Hanya dengan belajar di rumah, orang tua maupun anak bisa ditemani oleh guru mengaji professional yang pastinya akan memberikan materi maupun metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan masing-masing.

6. Bisa privat online dan offline

Anda juga bisa memilih metode belajar privat mengaji secara online (daring) ataupun offline. LBB Privat profesional biasanya menyediakan dua layanan les privat mengaji baik secara online maupun offline. Pilihan privat mengaji online biasanya digunakan bagi Anda yang memiliki kesibukan yang tinggi sehingga memanfaatkan waktu disela kesibukan untuk melakukan privat mengaji dengan guru ngaji online. Sedangkan privat mengaji secara offline, guru ngaji akan datang secara langsung ke rumah Anda untuk memberikan bimbingan mengaji secara tepat.

Dengan les privat mengaji ini Anda bisa bertanya secara bebas dan konsultasi terkait kendala-kendala dalam membaca Al Qur’an.

Daftar Les Mengaji Sekarang

Lembaga Bimbingan Belajar Cendikia membuka les privat mengaji untuk segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan dari berbagai tingkatan pembelajaran (Iqra, Tilawati, Alquran). Kami memiliki pengajar atau guru privat yang sudah professional di bidangnya. Tidak hanya melayani privat mengaji, LBB Cendikia telah berpengalaman dan siap melayani les privat semua mata pelajaran di daerah Surabaya, Sidoarjo, Solo dan Malang.

Hanya dengan menghubungi Whatsapp yang ada pada website, Anda bisa memilih layanan privat sesuai kebutuhan dan kondisi. Semoga Anda tetap bisa optimal menjalankan ibadah tanpa harus keluar dari rumah yang berpotensi menambah penyebaran virus corona. Salam Sehat.