LBB Cendikia – Les Mengaji Online.

les mengaji online

Selama pandemi, banyak sekali Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan bimbingan mengaji di masjid ataupun perkumpulan pengajian berhenti sementara sebagai bentuk untuk menghindari tingkat kerumunan dalam penyebaran virus di Indonesia. Terkadang majelis pengajian bergilir ke rumah-rumah atau masjid juga terpaksa tidak aktif  sementara. Karena hal tersebut, banyak jama’ah yang merasa khawatir tidak bisa mendapatkan bimbingan mengaji corona lagi di sela-sela kesibukan pekerjaan mereka karena perkumpulan mengaji harus di batasi sebab pandemi covid-19. Apalagi untuk bapak atau ibu yang belum terlalu fasih dalam membaca Alquran sehingga membutuhkan bimbingan mengaji secara intens.

Tips Belajar Mengaji Selama Pandemi

Perintah untuk mempelajari Alquran sudah menjadi kewajiban oleh seluruh umat muslim. Selain mendapatkan banyak ilmu dan pahala, orang tua yang fasih dalam belajar Alquran memiliki kewajiban juga untuk membimbing anaknya. Sesuai dengan yang disebutkan dalam Alquran:

 “ Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaika kasar, yang kesar, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan- Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan” (QS. At-Tahrim [66]:6)

Dalam surah tersebut bisa ditafsirkan bahwa agar terhindar dari api neraka adalah dengan mendirikan ibadah, seperti shalat dan juga mempelajari Alquran. Kondisi pandemi seperti ini tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk malas dan tidak mempelajari Alquran, karena masih banyak cara yang Anda lakukan untuk tetap beribadah kepada- Nya.

Berikut ini adalah beberapa tips mengaji selama pandemi yang bisa Anda lakukan dari rumah saja, diantaranya;

1. Menggunakan aplikasi online

Tidak bisa mengikuti majelis mengaji di masjid lagi tidak serta merta membuat Anda berhenti untuk terus belajar. Bapak atau ibu bisa kok belajar mengaji dengan memilih media belajar lainnya. Anda bisa mendownload aplikasi mengaji yang ada di playstore smartphone milik Anda. Banyak sekali metode mengaji yang bisa Anda pilih. Ada Alquran digital yang akan mengeluarkan suara ketika Anda menunjuk ayat surat Alquran.

Selain itu, banyak juga video-video mengaji yang ada di platform Youtube. Mulai dari cara membaca Alquran, mengenalkan ilmu tajwid, menulis huruf hijaiyah yang benar, serta pengajian tafsir Alquran beserta sejarahnya. Selain mudah, cara ini bisa Anda lakukan di rumah dengan nyaman. Namun , karena cara ini mengandalkan kemandirian dalam belajar tanpa tutor, Anda di haruskan untuk konsisten agar hasil belajar menjadi optimal. Niat yang kuat adalah menjadi kunci sukses dalam belajar mengaji.

2. Mengikuti kegiatan les mengaji online

Kurang bisa konsentrasi ketika belajar sendiri? Tidak perlu bingung, ya. Jika tidak bisa berhasil belajar dengan metode mandiri, Anda bisa kok memilih masuk dalam lembaga bimbingan mengaji online. Sekarang sudah bisa Anda temukan bimbingan mengaji online yang bisa menjadi solusi masalah pandemi saat ini.  Selain itu, ada juga layanan belajar mengaji dengan mendatangkan tutor langsung ke rumah Anda. Salah satunya contohnya adalah les privat mengaji dari lbbcendikia.com.

Lembaga Bimbingan Belajar Cendikia membuka les privat mengaji untuk segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan dari berbagai tingkatan pembelajaran (Iqra, Tilawati, Alquran). Selain belajar membaca Alquran, lembaga cendikia juga memberikan pengetahuan ilmu tajwid, cara menulis huruf hijaiyah yang benar, hafalan surah Alquran, serta ilmu-ilmu lainnya. Kami memiliki tutor yang sudah professional dan berpengalaman dalam bidang mengajar mengaji serta bisa beradaptasi dengan segala usia.

Selain itu, kami juga bisa melayani les privat semua mata pelajaran dan melayani di daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Malang. Hanya dengan menghubungi WA kami, Anda bisa memulai berkonsultasi terkait masalah Anda. Kami memberikan solusi terkait metode mengaji selama pandemi yang bisa Anda pilih. Pastikan pilihan tersebut merupakan pilihan terbaik dari Anda agar selama masa sulit ini, Anda tetap bisa optimal menjalankan ibadah di rumah tanpa harus keluar dari rumah yang berpotensi menambah penyebaran virus corona.