LBB Cendikia – Tips Mengajari Anak Mengaji

Tips mengajari anak mengaji
Les Privat Mengaji – LBB Cendikia

Memberikan pendidikan mengaji kepada anak sudah menjadi kewajiban bagi  orang tua. Selain mendatangkan amal jariyah untuk orang tua, anak akan mendapatkan banyak ilmu dan perlindungan dari hal-hal keburukan lainnya. Sesuai dengan yang disebutkan dalam Alquran:

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaika kasar, yang kesar, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan- Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan” (QS. At-Tahrim [66]:6)

Tidak hanya mengajarkan sholat 5 waktu kepada anak, mengajari anak untuk mengenal Alquran juga menjadi hal utama yang harus dilakukan oleh orangtua. Tetapi, semakin hari, banyak anak yang semakin sulit untuk mau belajar mengaji karena pendidikan dari orang tua yang kurang dalam hal agama. Oleh sebab itu, kami akan memberikan cara atau tips mengajar mengaji anak dengan cara yang mudah dilakukan dan tidak membuat anak bosan.

5 Tips Mengajari Anak Mengaji

Berikut adalah tips yang bisa orang tua terapkan dalam mengajar mengaji anak yang masih pemula;

1. Me-setting suasana belajar terlihat lebih nyaman

Sebelum memberikan pengajaran kepada anak, orang tua sebaiknya membuat suasana belajar terlihat lebih menyenangkan dan nyaman. Anda bisa menyiapkan meja kecil khusus mengaji, mendesain ruangan belajar dengan berbagai tempelan huruf hijaiyah atau memutar lagu sholawat yang dinyayikan oleh anak-anak. Cara tersebut bisa orang tua terapkan untuk membuat minat belajar anak meningkat.

2. Mengenalkan huruf hijaiyah secara menyenangkan

Sebelum memberikan materi yang berat, Anda harus mengetahui dulu kondisi si Anak. Jika anak Anda masih akan mulai belajar, coba berikan materi yang mudah dulu seperti mengenalkan huruf hijaiyah. Anda bisa kreasikan model belajar yang menyenangkan dan mudah dipahami. Misalnya, Anda bisa membuat tempelan huruf hijaiyah di dinding kamar anak atau ruang belajar. Tempelan tersebut sebaiknya memberikan kesan ceria dengan berbagai macam warna agar anak merasa tertarik untuk melihat dan mempelajarinya. Anda bisa membuat tempelan tersebut dari kertas atau bisa membelinya di toko buku terdekat. Mudah bukan?

3. Memberikan kuis menarik

Jika membaca huruf hijaiyah saja, anak Anda bisa merasa bosan dan pada akhirnya sulit untuk mengingatnya. Oleh sebab itu, buatlah suatu repetisi yang bisa membuat anak Anda lebih tertarik untuk belajar dan mudah mengingat huruf hijaiyah. Anda bisa membuat kuis ‘tebak huruf’ setelah proses pengenalan huruf hijaiyah. Buatlah kuis seseru mungkin dan tidak memberatkan sang anak.

Anda bisa memulai kuis dengan mengacak huruf hijaiyah, lalu meminta anak Anda untuk mengurutkannya. Bisa juga Anda menuliskan di papan huruf hijaiyah lalu meminta anak untuk menebaknya. Untuk membuat kuis lebih menarik, anda juga bisa menggunakan kuis animasi dari aplikasi mengaji di playstore untuk memberikan berbagai model pengajaran kepada anak agar tidak merasa bosan.

4. Memilih media belajar tambahan

Setelah memberikan pengajaran mandiri kepada Si Anak, Anda bisa kok memberikan pembelajaran dengan media lain. Salah satunya adalah dengan memilih metode belajar menggunakan aplikasi mengaji di playstore dengan berbagai pilihan animasi dan desain yang pastinya disukai oleh anak. Anda juga bisa menggunakan platform youtube untuk memberikan banyak sekali animasi belajar mengaji yang akan disukai oleh anak. Selain memberikan pengetahuan, Si Anak juga bisa sambil bermain agar tidak bosan dalam belajar.

5. Memberikan les privat mengaji yang tepat

Mengikutkan anak dalam bimbingan mengaji menjadi salah satu solusi yang tepat. Selain mendapatkan pengajaran dari pihak yang professional, anak juga akan mendapatkan berbagai model pengajaran dari mulai membaca, menulis bahasa arab, mempelajari kaidah-kaidah membaca Alquran, serta banyak pengetahuan fiqh dan sejarah islam. Guru-guru privat pun akan menghadirkan metode pembelajaran mengaji yang bisa disukai dan diminati anak-anak. Dengan demikian, anak-anak akan lebih termotivasi terus untuk melakukan kegiatan mengaji secara mandiri kelaknya.

Namun selama pandemi, banyak sekali taman pendidikan Alquran (TPA) atau bimbingan mengaji ditutup sementara sebagai bentuk untuk menghindari tingkat kerumunan dalam penyebaran virus corona di Indonesia. Karena hal tersebut, tidak jarang orang tua merasa khawatir anaknya tidak bisa mendapatkan bimbingan belajar mengaji dengan pihak yang professional jika hanya di rumah saja. Apalagi jika orang tua tidak memiliki waktu di rumah untuk mengajari sang buah hati, atau tidak merasa percaya diri dengan kemampuannya untuk mengajar anak di rumah secara mandiri.

Tapi jangan khawatir lagi ya Mom, sekarang sudah banyak ditemukan bimbingan mengaji online yang bisa menjadi solusi masalah saat ini. Salah satunya adalah les privat mengaji dari lbbcendikia.com. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, Anda dan Si Anak tidak perlu keluar dari rumah.

Lembaga Bimbingan Belajar Cendikia membuka les privat mengaji untuk segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan dari berbagai tingkatan pembelajaran (Iqra, Tilawati, Alquran). Kami memiliki pengajar yang sudah professional dalam bidang mengajar mengaji. Selain itu, kami juga bisa melayani les privat semua mata pelajaran dan melayani di daerah Surabaya, Sidoarjo, Solo dan Malang.