Permainan Melatih Fokus Anak 5 Tahun

Anak-anak usia 5 tahun biasanya sudah diajarkan membaca, menulis dan berhitung oleh orang tua. Tentunya ini dilakukan guna mempersiapkan anak yang sebentar lagi akan memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar. Sebenarnya, yang tak kalah penting untuk dilatih saat anak usia 5 tahun adalah mempertahankan fokus. 

Melatih fokus anak sejak dini, tentunya berguna saat anak sudah mulai bersekolah. Anak akan lebih mudah menerima ilmu pelajaran yang diberikan di sekolah, bahkan saat mengerjakan tugas. Nah, melatih fokus anak sebenarnya tidak terlalu rumit. Orang tua bahkan bisa melatihnya lewat permainan-permainan yang menyenangkan. Berikut beberapa permainan melatih fokus anak 5 tahun yang bisa orang tua coba. 

Baca juga artikel kami : Cara Meningkatkan Prestasi Akademik Anak

1. Memancing ikan bermagnet

Permainan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang tua. Permainan yang sudah ada sejak dulu ini ternyata dapat melatih fokus anak, lho. Meskipun terlihat gampang, anak perlu berkonsentrasi agar bisa memancing ikan. Tak hanya fokus, anak juga dapat melatih kesabaran dengan bermain ini. 

Terdapat berbagai jenis permainan mancing ikan bermagnet yang ada di pasaran. Ada yang bisa diletakkan di dalam air, maupun versi modern di mana mulut ikan dapat menutup dan terbuka.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Suka Marah dan Teriak

2. Wire loop game 

Wire loop game merupakan salah satu permainan yang dapat melatih fokus anak. Dalam permainan ini, anak akan memindahkan cincin dari satu sisi ke sisi lain melewati kawat yang berkelok-kelok. Namun, dalam permainan ini, anak perlu fokus agar cincin yang dipindahkan tidak menyentuh kawat.

Untuk bisa berhasil memindahkan cincin tanpa mengenai kawat, anak memerlukan fokus atau konsentrasi yang tinggi. Selain melatih kemampuan konsentrasi, anak juga mengembangkan skill lainnya seperti berhati-hati dan melatih kepercayaan diri saat menggerakkan cincin. 

Baca juga : Tips Mengajarkan Mengatur Keuangan Anak Sejak Dini

3. Origami 

Bermain origami tidak hanya dapat melatih fokus pada anak, namun juga melatih kreativitas. Anak juga dapat belajar berbagai bentuk dan warna dari bermain origami, lho. Untuk bermain origami, orang tua perlu menyesuaikan bentuk sesuai dengan usia anak. Untuk usia 5 tahun, orang tua bisa mengajarkan anak untuk membuat pesawat, perahu, baling-baling, hingga bunga yang terbuat dari origami. Manfaatkan variasi warna pada kertas origami agar anak-anak semakin tertarik untuk membuatnya. 

Baca juga artikel terkait : Media Pembelajaran Yang Cocok Untuk Anak

4. Mencari angka yang hilang 

Permainan yang satu ini bahkan tidak perlu media bermain yang terlalu sulit. Orang tua bisa menggunakan kertas dan pensil, atau sekedar menyebutkan deretan angka. Contohnya, orang tua bisa menyebutkan angka 1,2,4,5,6, kemudian minta anak untuk menebak angka apa yang hilang. 

Mencari angka yang hilang terbilang permainan yang mudah dan simple, namun tetap membutuhkan konsentrasi maupun fokus yang tinggi. Sehingga, cocok untuk melatih fokus anak tertutama pada usia 5 tahun. 

Baca juga artikel lainnya : Kemampuan bertanya, Kemampuan yang Penting tapi jarang diasah

5. Pesan berantai 

Pesan berantai menjadi salah satu permainan melatih fokus yang seru dimainkan bersama anak. Selain melatih fokus, bermain pesan berantai juga dapat melatih daya ingat anak dan skill komunikasi jika dimainkan beramai-ramai. 

Untuk bermain pesan berantai, mainkan bersama kurang lebih 3 orang. Kemudian, Anda bisa bisikkan 1 kalimat pada orang pertama, yang nantinya kalimat tersebut akan diteruskan pada orang selanjutnya. Pastikan pesan yang disampaikan oleh orang terakhir sesuai dengan pesan yang Anda berikan. 

Baca juga artikel kami : Cara Mengatasi Anak Malas Membaca

6. Dot to dot 

Dot to dot juga menjadi permainan sederhana yang dapat melatih fokus anak. Orang tua hanya perlu menyiapkan kertas dan alat tulis saja untuk bermain dot to dot. Buat lah sketsa gambar dari rangkaian titik-titik, kemudian minta anak untuk menghubungkan titik yang satu dengan yang lainnya. Dalam permainan ini, anak akan berusaha fokus untuk bisa menggabungkan titik-titik agar terbentuk suatu pola maupun gambar. 

Baca juga artikel kami :Cara Membuat Anak Semangat Belajar

7. Puzzle 

Permainan yang satu ini tak hanya menjadi kesukaan anak-anak, namu juga bagi orang dewasa. Ada berbagai tingkatan kesulitan yang bisa orang tua pilih. Biasanya, untuk anak usia 5 tahun, kepingan puzzle yang digunakan cenderung tidak terlalu besar maupun kecil dan jumlahnya sedikit. Agar anak semakin antusias saat menyusun puzzle, orang tua bisa memberikan puzzle dengan gambar yang sesuai dengan kesukaan anak. 

8. Menjadi patung 

Game ini tentunya sudah tidak asing lagi untuk para orang tua karena sering dimainkan saat kecil. Dalam permainan ini, seseorang akan memutarkan sebuah lagu, kemudian anak yang lain akan bebas berjoget atau bergerak. Saat lagu dimatikan, anak-anak harus diam seperti patung dan tidak boleh bergerak sampai lagu selanjutnya dimainkan. Permainan ini tentunya dapat melatih fokus anak saat mendengarkan lagu. 

9. Bowling mini

Bowling dapat melatih fokus dengan cara mengarahkan bola untuk menjatuhkan semua pin yang telah disusun. Tak hanya untuk orang dewasa, bowling juga bisa dikenalkan kepada anak usia 5 tahun dengan memberikan bowling mini. Selain melatih fokus anak, bermain bowling juga dapat melatih kesabaran anak agar dapat membidik pin dengan baik. 

Baca juga artikel kami : Cara Melatih Fokus Anak 6 Tahun

10. Buku teka-teki silang

Bermain teka-teki silang sederhana juga dapat meningkatkan fokus serta menambah pembendaharaan kata si kecil. Saat ini sudah banyak buku maupun aplikasi dengan konsep permainan ini, sehingga lebih mudah untuk didapatkan dan dimainkan bersama anak. 

Tentunya anak belum bisa memainkan permainan ini sendirian, orang tua perlu membantu anak dalam memandu anak untuk mengenali beberapa kata baru beserta arti dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Itulah 10 permainan melatih fokus anak 5 tahun yang bisa orang tua coba. Melatih fokus anak sebelum mulai jenjang pendidikan yang lebih tinggi, tentunya penting untuk dilakukan agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar. 

Baca juga, artikel kami : Permainan Melatih Fokus Anak 5 Tahun

Jika Anda sedang mencari lembaga bimbingan belajar untuk membantu proses pembelajaran anak di bidang akademik, LBB Cendikia merupakan pilihan yang tepat. Selain metode pembelajarannya yang dilakukan secara privat, guru atau pembimbing di LBB Cendikia juga sudah ahli di masing-masing mata pelajaran yang diperlukan, lho. Untuk informasi selengkapnya, orang tua dapat menghubungi LBB Cendikia secara langsung melalui website atau nomor yang tertera, ya!

Sekilas Profile LBB Cendikia

Pelajari kami : LBB Cendikia

Instagram LBB Cendikia : Cendikia education

Whatsapp lbb cendikia :